Daftar Online

PENDAFTARAN ONLINE

Pasang Iklan Paling Murah CT SCAN

CT SCAN

Pasang Iklan Paling Murah Pasang Iklan Paling Murah

BEDAH LAPAROSKOPI

Pasang Iklan Paling Murah Pasang Iklan Paling Murah

KHITAN GRATIS



Artikel

Risalah Islami

Tiga Nasehat Rasulullah untuk Wanita

admin | Selasa, 26 April 2016 - 10:04:58 WIB | dibaca: 338 pembaca

Di antara bukti kecintaan Nabi Muhammad kepada kaum wanita adalah nasehat yang selalu disampaikan kepada umat Islam agar menjaga dan menghormatinya, tidak dapat diperlakukan dengan kasar, dan tidak bisa pula dibiarkan. (HR. Bukhori).

Nabi Saw pernah menasehati dan memerintahkan kaum wanita agar bertakwa kepada Allah, menaati suami, dan banyak bersedekah. Nabi bersabda Sungguh di antara kalian ada orang-orang yang  nasuk surga (beliau sambil merapatkan jari-jari tangannya) dan sebagian besar kalian akan menjadi bahan bakar api neraka (lalu beliau membuka jari- jarinya). Seorang wanita bertanya, “Mengapa wahai rasulullah,?” Beliau menjawab, “Karena kalian banyak melaknat, mengingkari kebaikan suami, dan menunda- nunda kebaikan”.  (HR. Ibnu Hibban).

Dari hadits diatas, ada tiga nasehat Nabi SAW yang di peruntukkan khusus bagi wanita sebagai bekal masuk surga. Jika diamalkan, hal itu akan memudahkan kaum wanita masuk surga, yaitu bertaqwa kepada Allah, taat pada suami, dan banyak sedekah.

Sebaliknya jika seorang wanita melakukan tiga hal berikut ini, akan menjadi orang yang celaka (sebagai penghuni neraka),

Pertama, wanita yang suka melaknat

Sebagian wanita begitu mudah melaknat orang yang ia benci, termasuk yang sedang ada masalah dengannya. Sangat tidak patut jika seseorang yang mengaku mukmin, namun lisannya terlalu mudah untuk melaknat, Rasulullah bersabda, “Bukanlah seorang mukmin itu seorang yang suka mencela, tidak pula seorang yang suka melaknat, bukan seorang yang  keji dan kotor ucapannya". (HR. Bukhari).

Kedua, wanita yang suka mengingkari kebaikan suami.

“Tidaklah seorang istri yang menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya (di akherat kelak): Bidadari yang menjadi pasangan suaminya ( berkata): “ Jangan engkau menyakitinya, kelak kamu di murkai Allah, seorang suami bagimu hanyalah seorang tamu yang bisa segera berpisah dengan kamu menuju kami.” HR. Tirmidzi).

Ketiga, wanita yang suka menunda-nunda kebaikan.

Salah satu yang hal yang menjadikan wanita suka menunda kebaikan itu adalah terlalu larut dalam perasaan dan emosi. Hal ini pernah terjadi pada masa Nabi SAW, ( HR Bukhari dan muslim)

Karena itu, ingat akan nasehat Nabi SAW untuk segera melaksanakan amal shaleh sebelum datang tujuh hal yang menghancurkan, yakni kefakiran yang melupakan, kekayaan yang menyesatkan, sakit yang merusakkan, ketuaan yang melemahkan, kematian yang mendadak, Dajjal yang merupakan seburuk buruk hal gaib yang akan datang, dan hari kiamat (HR. Tirmidzi).

Semoga Allah membimbing kita para wanita agar dapat menjalankan tiga nasehat Nabi SAW sebagai bekal masuk surga, dan meninggalkan tiga hal larangan agar dapat terhindar dari mereka. Amin. Sumber: Republika, 14 Rajab 1437 H/ 22 April  2016