Daftar Online

PENDAFTARAN ONLINE

Pasang Iklan Paling Murah CT SCAN

CT SCAN

Pasang Iklan Paling Murah Pasang Iklan Paling Murah

BEDAH LAPAROSKOPI

Pasang Iklan Paling Murah Pasang Iklan Paling Murah

KHITAN GRATIS



Persyarikatan

Ust. Munawwar Khalil, M.Ag (PP Muhammadiyah)

Islam Agama Sempurna dan Dijaga Allah subhanahu wa taala

admin | Kamis, 19 Januari 2017 - 10:58:16 WIB | dibaca: 325 pembaca

Islam sebagai agama yang sempurna dan dijaga oleh Allah SWT maka kita sebagai orang yang beriman maka Jadikan Agama Islam sebagai rujukan dan pondosi dalam menjalani hidup dan  kehidupan.

Nabi Muhammad SAW sebagai manusia utama dan Rasul utusan Allah merupakan pribadi tauladan dan memiliki succes story dalam segala aspek kehidupannya dengan bukti beliau sangat dicintai dan dirindukankan oleh semua orang baik sebagai pemimpin, suami, ayah bagi anak-anaknya.

Istiqomah dalam melakukan kebaikan adalah salah satu cara untuk  menjadi orang yang bermanfaat siapa saja.

Apabila kita menagku sebagi seorang muslim maka berusahalah selalu menjadi orang muslim yang sebenar-benarnya (kaffah).

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. Tetapi jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Al-Baqarah [2]: 208-209)

Di bawah bayangan dua lukisan yang menggambarkan contoh kemunafikan yang jahat dan contoh iman yang bersih, ayat-ayat berikut memanggil kaum muslimin dengan sifat iman, karakter khas mereka, supaya masuk ke dalam Islam dengan keseluruhan jiwa mereka, supaya mereka waspada dari mengikuti jejak setan, serta mengingatkan mereka agar tidak tergelincir setelah mereka mendapat penerangan yang jelas:

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. Tetapi jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Al-Baqarah [2]: 208-209)

Islam itu adalah agama yang mengajarkan pada berkemajuan, seperti ajaran  untuk cinta ilmu, ajaran untuk melakukan prilaku cinta damai, dan ajaran untuk menjaga kebersihan dan berprilaku hidup sehat.

Berdasarkan penelitian dari Hussein Askari, akademisi Georgetown University, yang merupakan  pengajar untuk International Business and International Affairs di George Washington University bersama rekannya Dr Scheherazde S Rehman dan mendapatkan hasil bahwa negara-negara yang bukan mayoritas Islam justru sebagai negara paling Islami. Hal ini dilihat dari penerapan nilai-nilai Islam di negara-negara tersebut dalam segala bidang termasuk ekonomi, pemerintahan, hak asasi manusia dan politik serta hubungan internasional. Survey ini dilakukan  208 negara dengan 100 indikator dan hasilnya New Zeland termasuk negara yg islami dan Indonesia nomor 104.

Pelajaran apa yang dapat kita peti dari hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut :

Apakah Islam itu? Islam adalah ajaran yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW dengan rujukan Al-Qur'an dan Sunnah maqbullah.

Islam selalu berbicara pada dataran tindakan bukan hanya pada definisi seperti perintah berlaku adil, menjaga kebersihan, bersikap jujur dan lain-lain. Dengan demikian Islam akan menjadi agama rahmat bagi alam apabila diamalkan oleh para pemeluknya. Demikian juga dengan hadist-hadist dari nabi Muhammad SAW adalah sabda-sabda perbuatan karena lulusnya kita diakhirat adalah seberapa banyak dan seberapa berkualitasnya perbuatan yang kita lakukan  bukan hanya pengetahuan.

Selanjutnya Islam tidak lepas dari keberimanan. Iman itu amanah dan aman artinya orang yang beriman adalah orang yang bisa memberi rasa aman dan mampu menjaga amanah.

Kanada termasuk negara islami no 6 sehingga kantor-kantor disana tidak perlu dikunci karena disana sudah terbangun pola berfikir dan bertindak bahwa mencuri bagi mereka adalah sebuah aib yang besar. Demikian juga di negara Jepang propinsi Kyoto apabila ada barang yang tertinggal tidak akan diambil orang atau hilang.

Australia menempati urutan no 9 sebagi Negara yang Islami. Di Negara ini pendidikan sangat diperhatikan; contoh untuk pendidikan TK ada jaminan bahwa dalam tempo 2 tahun anak akan memiliki kemampuan yang sudah disebutkan yakni : bisa antri, bisa bersalaman dengan orang yang lebih tua, bisa memakai baju dan sepatu sendiri. Jadi materi pendidikan di TK adalah pendidikan karakter. Selanjutnya hal-hal yang Islami  yang diterapkan di Negara Australia antara lain:

Menjunjung tinggi nilai keadilan dan kesejahteraan.

Menjunjung tinggi kedisplinan dalam hal waktu termasuk dalam bekerja

Tersedianya sarana dan prasaran yang sangat melayani bagi masyarakat seperti tersedianya  tempat belajar dan taman bermain.

Rosyid Ridho berkesimpulan bahwa kalau umat Islam meninggalkan ajaranya maka umat akan mengalami kemunduran. Sedangkan apabila umat Islam menjalankan ajaran Islam maka akan mengalami kemajuan karena Islam adalah rahmad bagi semesta.

Pendidikan adalah usaha untuk menginspirasi anak didik sehingga ruh  pendidikan adalah guru yang memiliki kemampuan menginspirasi para siswa. Dalam pendidikan strategi lebih penting daripada materi. Strategi menyangkut metodologi dan manajemen lembaga pendidikan. Sehingga jadikanlah diri kita sebagai pribadi yang mampu menginspirasi keluarga kita, kerabat dan orang lain.

Salah satu penyakit orang yang beriman adalah adanya kesenjangan antara ilmu yang dimiliki dengan pengamalan. Dan salah satu kunci untuk mengatasi kesenjangan itu adalah bersikap istiqomah untuk selalu berbuat baik. Dan melakukan ceklish antara ilmu yang kita miliki dengan amal yang kita lakukan. Untuk membuktikan cinta kita kepada Allah dan Rasulullah maka perbanyaklah kita berinteraksi dengan manusia dan masyarakat.

Apapun profesi kita maka tugas kita adalah menjaga dan memiliki akhlaqul karimah dan RSU PKU Muhammadiyah Bantul adalah ladang dakwah agar Islam menjadi agama yang rahmatanlil'alamin.

(Disampaikan pada Pengajian Bulanan Dokter dan Pejabat Struktural, Rabu, 11 Januari 2017)